Enrolment options

Deskripsi  Mata Kuliah

Silabus Manajemen Mutu Pendidikan Islam

 

DESKRIPSI MATA KULIAH DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

A.   Identifikasi Kuliah

Mata Kuliah         :  TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Kode                    :  –

Jumlah Sks           :  2 sks

Program Studi      :  Manajemen Pendidikan Islam/MPI

Jenjang                 :  S.2/MAGISTER

Kelas                    :  A

Tatap Muka          :  16 Kali Pertemuan

Ruang                   :  Ruang Sidang / G 104

 

B.   Pengampu                       :   Dr Mukhammad Abdullah, M.Ag.

 

C.      Deskripsi Kuliah

 

Manajemen mutu atau yang dikenal dengan Total Quality Management (TQM) merupakan teori atau konsep  yang masih relative baru dalam ilmu managemen dan kepemimpinan. TQM merupakan manajemen dalam proses peningkatan mutu yang komprehensip (baik manajemen yang bersifat soft system tools maupun hard system tools) dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Dan kepuasaan customer (pelanggan) yang bermuara pada keunggulan dan kekhasan dari suatu produk adalah merupakan fokus dari proses TQM ini.

Pada abad 20-an  konsep TQM dipakai dalam dunia pendidikan. Banyak hasil riset yang menunjukkan kompabilitas dan manfaat yang signifikan dari pendekatan manajemen mutu ini. Oleh karena itu, mahasiswa PPS program studi manajemen pendidikan Islam sangat perlu mengerti dan memahami TQM, untuk kemudian mengaplikasikannya dalam praktis manajemen pada organisasi kerja mereka masing-masing.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengerti dan memahami konsep TQM dan pendekatan dalam merancang implementasinya pada organisasi lembaga pendidikan. Mahasiswa juga diharapkan mampu berpikir dan bersikap  kritis dengan analisa kesesuaian antara teori dan kemungkinan penerapannya di lapangan. Di samping itu, mahasiswa diharapkan mampu melengkapi pemahaman konsep TQM dengan konsep penjaminan mutu (quality assurance) dalam pendidikan Islam.

 

D.  Pokok Bahasan

 

1.        Konsep Total Quality Management (TQM)
2.        Sejarah Total Quality Management (TQM)
3.        TQM sebagai Proses Peningkatan Mutu yang berkelanjutan
4.        Prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM)
5.        Standar-standar kualitas
6.        Implementasi TQM dalam Pendidikan: Tinjauan aplikatif (praktis)
7.        Persiapan Total Quality Management (TQM)
8.        Perencanaan Total Quality Management (TQM)
9.        UJIAN TENGAH SEMESTER
10.    Penilaian Total Quality Management (TQM)
11.    Implementasi TQM
12.    Diversifikasi Total Quality Management (TQM)
13.    Menetapkan jadwal Total Quality Management (TQM)
14.    Memperkirakan Sumber daya Implementasi TQM
15.    Quality Assurance dalam Pendidikan
16.    FINAL TES

 

E.   Proses Pembelajaran

Untuk merealisasikan visi mencapai target kurikuler perkuliahan, proses perkuliahan menerapkan multi metode (ceramah, diskusi, tugas) dengan menggunakan multimedia yang sesuai dengan karakter mata kuliah Manajemen Mutu Pendidikan Islam, selain berpusat pada bahasan pokok sesuai dengan mata kuliah, juga mengangkat permasalahan pendidikan aktual yang sedang dialami masyarakat. Diskusi kajian materi tersebut, juga diarahkan pada topik-topik yang dapat diangkat untuk memenuhi tugas akhir penyusunan tesis.

 

F.   Penilaian Keberhasilan Proses dan Hasil Belajar

Keberhasilan proses pembelajaran, dilakukan secara terpadu melalui evaluasi tertulis (mid tes dan final tes), penampilan dalam diskusi kelas, dan tugas. Melalui penilaian yang demikian itu, diharapkan memperoleh “profil” penguasaan hasil pembelajaran yang memadai.

 

G.    Evaluasi
1. Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan  Partisipasi aktif kegiatan dalam kelas 15 %.
2. Pembuatan tugas mandiri dan kelompok 20 %.
3. Ujian Mid Semester dan 30 %.
4. Ujian Semester 35 %.

 

H.    Referensi

Implementing TQM by Jablonski J.R., Tehnical Management Consortium Inc., New Mexico, 1994

The Principal: New Leadership for New Challengers by Seyfath, J.T., Merrill, New Jersey, 1999

Hoy,W.K., & Miskel, C., Educational Leadership and Reform, Information Age Publishing, Greenwich,2005

Luthans, F., Irwin/McGraw, Organizational Behavior, Especialy Part 1 Ch 2 Regarding TQM, 1998

The Head Teacher in the 21 st Century by Green, F., Pearson Education, 2000 chapter 2.

Aplication of TQM in  Education: Retrospect and Prospect by Kwan, P.Y.K., International Journal of Educational Management, Vol 10/5, 1996.

Barkley, Bruce T. and James H. Saylor. (2001). Customer-driven Project
Management : Building Quality into Project Processes
. 2nd ed. HD 69 P75B38
2001

Bhote, Keki R.  Ultimate Six Sigma : Beyond Quality Excellence to Total
Business Excellence.
TS 156.8 B4, 2002

Evans, James R. and James W. Dean, Total Quality: Management, Organization, and Strategy. 2nd ed. HD 62.15 D4 2000

Gitlow, Howard S. (). Quality Management Systems : a Practical Guide. HD
62.15 G538, 2001

Lighter, Donald E. and Douglas C. (2004). Fair Quality management in Health Care : Principles and Methods. 2nd ed. RA 399 A1L54 2004

Longenecker, Clinton and Jack L. Simonetti. (2001). Getting Results : Five Absolutes for High Performance. HD 58.9 L665

 


Self enrolment (Student)