Silabus Manajemen Mutu Pendidikan Islam
DESKRIPSI MATA KULIAH DAN SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. Identifikasi Kuliah
Mata Kuliah : TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Kode : –
Jumlah Sks : 2 sks
Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam/MPI
Jenjang : S.2/MAGISTER
Kelas : A
Tatap Muka : 16 Kali Pertemuan
Ruang : Ruang Sidang / G 104
B. Pengampu : Dr Mukhammad Abdullah, M.Ag.
C. Deskripsi Kuliah
Manajemen mutu atau yang dikenal dengan Total Quality Management (TQM) merupakan teori atau konsep yang masih relative baru dalam ilmu managemen dan kepemimpinan. TQM merupakan manajemen dalam proses peningkatan mutu yang komprehensip (baik manajemen yang bersifat soft system tools maupun hard system tools) dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Dan kepuasaan customer (pelanggan) yang bermuara pada keunggulan dan kekhasan dari suatu produk adalah merupakan fokus dari proses TQM ini.
Pada abad 20-an konsep TQM dipakai dalam dunia pendidikan. Banyak hasil riset yang menunjukkan kompabilitas dan manfaat yang signifikan dari pendekatan manajemen mutu ini. Oleh karena itu, mahasiswa PPS program studi manajemen pendidikan Islam sangat perlu mengerti dan memahami TQM, untuk kemudian mengaplikasikannya dalam praktis manajemen pada organisasi kerja mereka masing-masing.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengerti dan memahami konsep TQM dan pendekatan dalam merancang implementasinya pada organisasi lembaga pendidikan. Mahasiswa juga diharapkan mampu berpikir dan bersikap kritis dengan analisa kesesuaian antara teori dan kemungkinan penerapannya di lapangan. Di samping itu, mahasiswa diharapkan mampu melengkapi pemahaman konsep TQM dengan konsep penjaminan mutu (quality assurance) dalam pendidikan Islam.
D. Pokok Bahasan
1.
Konsep
Total Quality Management (TQM)
2.
Sejarah
Total Quality Management (TQM)
3.
TQM
sebagai Proses Peningkatan Mutu yang berkelanjutan
4.
Prinsip-prinsip
Total Quality Management (TQM)
5.
Standar-standar
kualitas
6.
Implementasi
TQM dalam Pendidikan: Tinjauan aplikatif (praktis)
7.
Persiapan
Total Quality Management (TQM)
8.
Perencanaan
Total Quality Management (TQM)
9.
UJIAN
TENGAH SEMESTER
10. Penilaian Total
Quality Management (TQM)
11. Implementasi TQM
12. Diversifikasi Total
Quality Management (TQM)
13. Menetapkan jadwal Total
Quality Management (TQM)
14. Memperkirakan Sumber
daya Implementasi TQM
15. Quality Assurance dalam Pendidikan
16. FINAL TES
E. Proses Pembelajaran
Untuk merealisasikan visi mencapai target kurikuler perkuliahan, proses perkuliahan menerapkan multi metode (ceramah, diskusi, tugas) dengan menggunakan multimedia yang sesuai dengan karakter mata kuliah Manajemen Mutu Pendidikan Islam, selain berpusat pada bahasan pokok sesuai dengan mata kuliah, juga mengangkat permasalahan pendidikan aktual yang sedang dialami masyarakat. Diskusi kajian materi tersebut, juga diarahkan pada topik-topik yang dapat diangkat untuk memenuhi tugas akhir penyusunan tesis.
F. Penilaian Keberhasilan Proses dan Hasil Belajar
Keberhasilan proses pembelajaran, dilakukan secara terpadu melalui evaluasi tertulis (mid tes dan final tes), penampilan dalam diskusi kelas, dan tugas. Melalui penilaian yang demikian itu, diharapkan memperoleh “profil” penguasaan hasil pembelajaran yang memadai.
G. Evaluasi
1. Kehadiran dalam tatap muka di kelas dan Partisipasi aktif kegiatan
dalam kelas 15 %.
2. Pembuatan tugas mandiri dan kelompok 20 %.
3. Ujian Mid Semester dan 30 %.
4. Ujian Semester 35 %.
H. Referensi
Implementing TQM by Jablonski J.R., Tehnical Management Consortium Inc., New Mexico, 1994
The Principal: New Leadership for New Challengers by Seyfath, J.T., Merrill, New Jersey, 1999
Hoy,W.K., & Miskel, C., Educational Leadership and Reform, Information Age Publishing, Greenwich,2005
Luthans, F., Irwin/McGraw, Organizational Behavior, Especialy Part 1 Ch 2 Regarding TQM, 1998
The Head Teacher in the 21 st Century by Green, F., Pearson Education, 2000 chapter 2.
Aplication of TQM in Education: Retrospect and Prospect by Kwan, P.Y.K., International Journal of Educational Management, Vol 10/5, 1996.
Barkley,
Bruce T. and James H. Saylor. (2001). Customer-driven Project
Management : Building Quality into Project Processes. 2nd ed. HD 69 P75B38
2001
Bhote,
Keki R. Ultimate Six Sigma : Beyond Quality Excellence to Total
Business Excellence. TS 156.8 B4, 2002
Evans, James R. and James W. Dean, Total Quality: Management, Organization, and Strategy. 2nd ed. HD 62.15 D4 2000
Gitlow,
Howard S. (). Quality Management Systems : a Practical Guide. HD
62.15 G538, 2001
Lighter, Donald E. and Douglas C. (2004). Fair Quality management in Health Care : Principles and Methods. 2nd ed. RA 399 A1L54 2004
Longenecker, Clinton and Jack L. Simonetti. (2001). Getting Results : Five Absolutes for High Performance. HD 58.9 L665
- Teacher: Mukhammad Abdullah