Enrolment options

Pengertian filsafat dapat dipandang dari dua segi: Pertama, filsafat dilihat dari segi hasil pengetahuan. Kedua, filsafat dilihat dari segi aktivitas budi manusia. Dilihat dari segi pengetahuan, filsafat adalah jenis pengetahuan yang berusaha mencari hakikat dari segala sesuatu yang ada. Dilihat dari segi aktivitas budi manusia filsafat adalah metode atau cara yang radikal hendak mencari keterangan yang terdalam tentang segala sesuatu yang ada. Refleksi manusia terhadap realitas mungkin berawal dari ketakjuban atau keheranan, ketidakpuasan, keraguan atau kesangsian dan kesadaran akan keterbatasan (ketidakberdayaan). Hal–hal itu kemudian diteruskan menjadi sebuah pertanyaan, dan pertanyaan dicoba jawab secara sistematis, logis dan mendasar. Dari sinilah asal mula filsafat itu lahir.

Dengan menyebut filsafat sebagai “cinta akan kebijaksanaan”, maka timbullah pertanyaan : apakah kebijaksanaan yang dikejar itu? Yang jelas kebijaksanaan itu ada sangkut pautnya dengan mengerti (know) dengan pengetahuan (knowledge). Akan tetapi tidak setiap “mengerti” itu kebijaksanaan atau bahkan filsafat. Yang pasti bahwa kebijaksanaan dan filsafat itu suatu bentuk tertentu, boleh dikatakan merupakan pengetahuan dalam bentuknya yang tertinggi.

Mata kuliah Filsafat Umum adalah termasuk komponen mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK) dan diajarkan di semua jurun dan prodi yang ada di STAIN Kediri. Hal ini mengingat urgensi pokok yang terkandung dalam keilmuan tersebut, Kelompok matakuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK) adalah kelompok bahan kajian dan pelajaran yang ditujukan terutama untuk memberikan landasan penguasaan ilmu dan ketrampilan tertentu. yakni dalam rangka mencetak para sarjana muslim yang siap memberikan penjelasan kepada masyarakat dan menganalisis permasalahan yang muncul sebenarnya. Mata kuliah ini adalah studi tentang Filsafat Umum secara komprehensif yang bersifat analisis dan logis, dengan melihat kepada keutuhan dan keterkaitan di antara elemen-elemen yang ada.

Matakuliah Filsafat Umum adalah materi dasar  yang  merupakan cikal-bakal ilmu pengetahuan yang berkembang di dunia hingga dewasa ini. Dalam sejarahnya, ilmu pengetahuan berinduk kepada filsafat (Mother of Sciences). Materi kajiannya diawali dari pembahasan tentang Pengertian Filsafat dan Ruang Lingkupnya; Hubungan antara Ilmu, Filsafat, dan Agama; Pengetahuan Filsafat; Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi; Konsep dan Makna Metafisika-Logika; Sejarah Filsafat Barat; Tokoh-tokoh Filsuf Yunani dan Hasil  Pemikirannya; Sejarah Lahir dan Perkembangan Filsafat Islam dan Timur: Filsuf dan Pemikirannya; dan Perkembangan Pemikiran Filsafat Modern: Filsuf dan Pemikirannya.

Walaupun dalam proses pembelajaran, mata kuliah ini lebih banyak menekankan dan mengasah kemampuan kognitif mahasiswa seperti mengetahui, memahami, menganalisis dan mengevaluasi hal-hal yang berkaitan dengan Filsafat Umum, tetapi juga diusahakan untuk mengangkat kemampuan afektif sebagai bentuk kesadaran individual normatif mahasiswa. Singkatnya, mata kuliah ini adalah mata kuliah keilmuan dan ketrampilan.

Self enrolment (Student)