Mata kuliah Manajemen Perpustakaan Sekolah bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, teori, dan implementasi manajemen perpustakaan sekolah. Mahasiswa belajar pengertian organisasi dan manajemen. Mahasiswa belajar pengertian, tujuan dan fungsi, organisasi dan uraian tugas organisasi perpustakaan sekolah. Mahasiswa belajar tentang teori mengenai manajemen koleksi perpustakaan sekolah meliputi pengadaan, pengolahan, dan pemeliharaan bahan perpustakaan. Mahasiswa belajar tentang manajemen pelayanan meliputi penyusunan tata tertib, pelayanan sirkulasi dan referensi, dan bimbingan kepada siswa. Mahasiswa belajar tentang rancangan tata ruang perpustakaan sekolah. Mahasiswa belajar tentang konsep TIK dan penerapan otomasi perpustakaan dan pemanfaatan perpustakaan digital. Mahasiswa belajar mengenai pembinaan dan pengembangan literasi siswa. Dan mahasiswa belajar tentang program promosi perpustakaan.
Pelaksanaan perkuliahan menggunakan pendekatan team based project pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dan berkontribusi dalam berdiskusi, mengerjakan proyek, dan presentasi kelompok. Pencapaian kompetensi diketahui dengan menggunakan penilaian tes tulis, praktek dan non tes.
Penilaian dilakukan secara berkesinambungan dari proses pembelajaran tugas terstruktur serta tes berupa ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Sedangkan penilaian non tes terbagi kedalam dua kategori yaitu individu dan kelompok. Penugasan secara individu berupa penyusunan laporan seleksi dalam pengembangan koleksi dan penyusunan katalogisai dalam pengolahan koleksi. Adapun tugas secara kelompok dalam bentuk proyek rencana pengembangan perpustakaan sekolah dan presentasi pada akhir pertemuan.- Teacher: Komarudin S.Ag., SS, M.Hum.