Enrolment options

Mata Kuliah Ilmu Mantiq merupakan komponen mata kuliah dasar dan bagian dari kelompok mata kuliah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Mata kuliah ini merupakan kelompok mata kuliah yang bertujuan menghasilkan tenaga ahli berdasarkan dasar ilmu dan keterampilan yang dikuasai. Mata kuliah Ilmu Mantiq ini tidak hanya beorientasi untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, akan tetapi lebih dari itu memberikan ketrampilan untuk berkarya dan bertindak cerdas sesuai dengan ruang lingkup mata kuliah ini.

Mata kuliah Ilmu Mantiq ini membahas tentang Ilmu Mantiq: pengertian, sejarah, fungsi, dan keterkaitan dengan ilmu-ilmu yang lain; Konsep tentang ilmu, sumber dan cara memperolehnya; Tashawwur dan Tashdiq; Dalalah; Kully dan Juz’i; Mafhum dan Mashadaq; Kulliyyat al-Khamsah; Ta’rif (definisi) dan pembagiannya; Qadhiyyah (proposisi) dan pembagiannya; Istidlal; Tanaqudh (kontradiksi) dan Tadhadd (saling berlawanan); Dukhul Tahta Tadhadd dan Tadakhul (saling memasuki); Qiyas: Pengertian dan Pembagiannya.   

Mata Kuliah Ilmu Mantiq ini dipelajari dan harus diprogram sebagai mata kuliah semester III oleh Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri. Arti penting mata kuliah ini bagi mahasiswa Psikologi Islam adalah untuk memberikan dasar keahlian konseptual dan operasional karena Ilmu Mantiq merupakan ilmu dasar untuk memahami dan mengembangkan prinsip dan logika berfikir yang benar. Pengetahuan Ilmu Mantiq bagi mahasiswa Psikologi Islam menjadi dasar penting untuk mengembangkan penalaran yang logis dalam pendalaman ilmu pengetahuan.


Ilmu Mantiq IV A