Enrolment options

Mata kuliah ilmu tasawuf memiliki kedudukan penting dalam kurikulum program Akhlaq Tasawuf, karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang harus diajarkan kepada mahasiswa sebelum ilmu-ilmu yang lain seperti ilmu kalam dan filsafat islam. Mata kuliah ini wajib ditempuh mahasiswa pada semester genap.

Mata kuliah ini mempelajari tentang sejarah dan perkembangan tasawuf serta mengkaji beberapa faham-faham tasawuf dengan memperhatikan tokoh-tokohnya. Kedudukan ilmu tasawuf dalam islam sama dengan ilmu-ilmu yang lain seperti ilmu kalam, ilmu fiqh dan filsafat islam yang merupakan hasil dari pemikiran umat islam dalam upaya mengungkap pengalaman keagamaannya. Maka dalam studi mata kuliah ini dikembangkancritical thingking terhadap konsep-konsep tasawuf sebagai upaya mengungkap pengalaman keagamaan yang dihasilkan oleh tokoh-tokoh tasawuf dengan tetap memperhatikan tata caraberagumen dan berfikir ilmiah. Untuk itu, mahasiswa akan banyak melakukan penelitian, penjelajahan berfikir dan perenungan terhadap konsep-konsep sufistik dalam rangka mendekatkan diri pada Tuhannya. Sehingga kemurnian konsep-konsep tasawuf para kaum sufi masih dapat dipahami dan dipertahankan dalam kondisi dan realitas berbeda.

Mahasiswa setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan menjadi mahasiswa yang memiliki akhlak terpuji dan mampu memanajemen emosinya serta menjaga kedekatan dengan Tuhannya. Oleh karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu standar penting kelulusan mahasiswa Program Akhlaq TasawufJurusan Ushuluddin.


Self enrolment (Student)