Enrolment options

Mata kuliah ini adalah mata kuliah pengantar bagi mahasiswa semester satu, yaitu tentang kajian umum atas sejarah, metode berfikir, teori dan aliran-aliran filsafat dari zaman klasik Barat maupun Islam sampai kontemporer. Filsafat adalah metode rasionalisasi dari mitos dengan menggunakan metode radikal, kritis, analitis, komprehensif, induktif, deduktif, rasional, empiris, dll dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah sehingga manusia dapat merefleksikan pemikirannya dengan benar.

Sistematika penyajiannya dengan metode penyejarahan untuk mengetahui kemajuan peradaban manusia yang membutuhkan proses panjang, dan mahasiswa diharapkan mampu memahami cara kerja filsafat, ilmu pengetahuan (ilmu alam, ilmu sosial) dan agama. 

Mata kuliah ini juga menekankan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi dengan metode apapun secara aktif, radikal, kritis, analitis, komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga mahasiswa lebih jeli dan bijak dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan setiap masalah baik masalah akademisi maupun sehari-hari.


Self enrolment (Student)