Enrolment options

Mata kuliah aplikasi hisab rukyah merupakan kelanjutan dari Ilmu Falak 1 dan 2, sebagai bentuk praktek menghitung dan mengamati di lapangan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa di latih mengaplikasikan tema-tema yang ada dalam ilmu falak 1 dan 2 dengan menggunakan program Microsoft Excel.

Dalam tahap awal mahasiswa di kenalkan tentang program Excel secara umum, kemudian mengaplikasikannya dalam ilmu falak seperti program excel hisab istilahi, konversi Hijriyah ke Masehi atau sebaliknya, hisab arah kiblat dan baying-bayang kiblat, hisab awal waktu shalat, hisab awal bulan, membuat kalender dll.

Di samping itu, mahasiswa juga di ajak praktek rukyah di lapangan dengan melakukan obsevasi langsung di lokasi rukyah. Bagaimana memastikan hasil perhitungannya dengan realitas di lapangan.

Oleh karena itu dengan mata kuliah ini mahasiswa diarahkan untuk dapat menguasai ilmu falak secara mendalam yang pada gilirannya akan dapat menumbuhkan keyakinan dalam melakukan ibadah dengan khusyu’ terutama yang berkaitan dengan sholat dan puasa dan haji.

APLIKASI HISAB RUKYAH-A