Enrolment options

Mata kuliah ini merupakan matakuliah lanjutan dari I'jaz Balaghi yang telah disampaikan pada semester yang lalu.

Sebagai kelanjutan dari I'jaz al qur'an terdapat banyak kajian yang berkait dengan ilmu-ilmu penunjang berikutnya atas kelengkapan pemaknaan dan penafsiran Al Qur'an.


Apapun yang bisa ditemukan dari kelebihan al Qur'an dari sisi yang bersifat ilmiah, disana ada tambahan ilmu baru yang berkait dengan I'jaz, tidak hanya dalam struktur tata bahasa dan kalimat yang di pilih dalam al qur'an, tapi penggunaan tema, waktu dan isi serta cara masuk, dalam kajian yang lebih spesifik juga masuk dalam kajian I'jaz al qur'an

Ada banyak literatur yang bisa dibaca untuk kepentingan ini, dan khusus dalam mata kuliah ini yang wajib di baca adalah buku yang ditulis oleh Prof. Dr. M. Quraish Shihab. Berjudul Kaidah Tafsir yang diterbitkan oleh Penerbit Lentera Hati jakarta 2013.

Ada 21 Bab dalam buku ini, kiranya siswa tiap kali pertemuan bisa menyelesaikan pembacaannya minimal dua bab, sehingga dalam satu semester buku ini tuntas.

Dan sebagai ganti dari ujian baik tengah maupun semester akhir mahasiswa wajib ulangi Wajib merangkum buku tersebut dengan tulisan tangan (bukan diketik) dan disampaikan kepada saya pada akhir semester.


Sekian terima kasih


Pengampu mata kuliah


Ahmad Subakir

Self enrolment (Student)