Enrolment options

Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik adalah termasuk komponen mata kuliah dasar keahlian untuk Program Studi Tadris Matematika pada Fakultas Tarbiyah.

Mata kuliah ini memberikan gambaran secara detail tentang Peranan Perkembangan Peserta Didik dalam Pendidikan serta hakekat perkembangan manusia dari masa Pra-natal sampai dengan berakhirnya suatu kehidupan (masa tua), ditinjau dari aspek  Perkembangan, yang meliputi aspek perkembangan fisik, motorik, bahasa/bicara, emosi, kognitif, kreativitas, moral, psiko sosial, psiko seksual dan lain-lain.

Mata kuliah ini mempunyai arti yang penting bagi Sarjana Pendidikan, dimana profesi  utamanya adalah sebagai seorang pendidik dan pengajar. Kedua profesi tersebut selalu berhubungan dengan manusia sebagai klien atau customernya, dan ketika kita berhubungan dengan manusia maka mutlak dibutuhkan pengetahuan perkembangan (psikologi perkembangan). Fakta-fakta mengenai peserta didik, terutama fakta psikologis perlu bahkan harus dipahami oleh pendidik.

Mendidik pada dasarnya adalah membantu perkembangan peserta didik agar berbagai potensi yang dimiliki peserta didik dapat berkembang secara optimal.  Potensi-potensi positif peserta didik memerlukan stimuli dari lingkungannya. Tanpa stimuli maka berbagai potensi positif peserta didik sulit untuk berubah menjadi kemampuan nyata. Dalam konteks inilah kehadiran pendidik diperlukan. Agar stimuli ataupun bantuan yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik benar-benar bermakna, maka pendidik dituntut untuk memahami berbagai hal yang berhubungan dengan perkembangan peserta didik dan mampu menerapkannya dalam proses pendidikan


Self enrolment (Student)