خيارات التسجيل

Mata kuliah Basic Learning Al-Qur’an menjadi Mata Kuliah Dasar pada kurikulum Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah. Mata kuliah Basic Learning Al-Qur’an merupakan mata kuliah yang mengantar mahasiswa untuk dapat membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Untuk itu mata kuliah ini ditempuh dalam kredit 2 SKS.


Fokus kajian atau topik inti mata kuliah Basic Learning Al-Qur’an meliputi: Adab-adab dan keutamaan tilawah al-Qur’an; Makhorijul Huruf; Hukum Nun Sukun dan Tanwin; Hukum Mim Sukun; Hukum Ra’, Tafkhim, Tarqiq dan, Jawazul wajhain; Hukum Qalqalah, Qalqalah Kubra dan Qalqalah Sughra; Hukum Mad, Mad ashli dan Mad Far’I; Waqaf dan Washal


Salah satu ketrampilan yang wajib dikuasai oleh mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah adalah kemampuan dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Disamping itu, pembelajaran mengenai Basic Learning Al-Qur’an ini menjadi bekal penguatan terhadap basic kompetensi pedagogis dan professional mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat. Dalam kaitan inilah, mata kuliah BLQ memberikan bekal pendalaman kepada mahasiswa dalam hal penguasaan teknik membaca Al-Qur’an secara tartil sesuai dengan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar, sebagaimana konsentrasi keilmuan Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah.


التسجيل الذاتي (طالب)