Enrolment options

GAMBARAN UMUM FILSAFAT UMUM

Mata kuliah filsafat umum merupakan mata kuliah dengan kode STA yang berarti merupakan komponen mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa pada semua Jurusan dan Prodidi STAIN Kediri.Selain itu, filsafat umum juga merupakan mata kuliah MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan) yang diajarkan dengan tujuan (purpose) untuk memperkaya (enrich)intelektualitas dan afektif dari mahasiswa STAIN Kediri.

Filsafat Umum hakikatnya bukan hanya sekedar merupakan mata kuliahyang harus diikuti semua mahasiswa di STAIN Kediri. Lebih dari itu, filsafat adalah suatu tindakan, suatu aktivitas. Filsafat adalah aktivitas untuk berpikir secara mendalam tentang pertanyaan-pertanyaan besar dalam hidup manusia (seperti: apa tujuan hidup, apakah Tuhan ada, bagaimana menata organisasi dan masyarakat, serta bagaimana hidup yang baik), dan mencoba menjawabnya secara rasional, radikal, kritis, dan sistematis.

Pada akhirnya matakuliah ini mengajak mahasiswa untuk  memahami filsafat meliputi maksud, ruang lingkup, aliran, sejarah dan pengaruhnya dalam kehidupan manusia (human being) untuk mereduksi kecurigaan dan ke-absurdan mahasiswa dalam memandangwilayah dan ruang lingkup dari filsafat, agama dan ilmu. Dengan demikian proses pemahaman yang bersifat kritis, radikal dan komprehensif sebagai corak filsafat sangat ditekankandalam mata kuliah ini.


Self enrolment (Student)