Enrolment options

Evaluasi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah mata kuliah inti Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Mata kuliah ini diarahkan untuk membekali mahasiswa PAI sebagai calon pendidik agar memiliki pemahaman secara komprehensif tentang evaluasi pembelajaran PAI, karena salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh para pendidik adalah mampu melakukan evaluasi pembelajaran. Melalui Evaluasi Pembelajaran PAI mahasiswa akan mampu melaksanakan evaluasi (penilaian) terhadap proses dan hasil belajar sesuai tujuan pembelajaran PAI berdasarkan standar kurikulum yang berlaku. Selain itu juga bisa mengetahui keefektifan pembelajaran dan hasil yang diperoleh dapat dijadikan feed-back dalam upaya meningkatkan pembelajaran yang lebih baik.

Pembahasan Evaluasi Pembelajaran PAI ini mencakup pengantar dan konsep dasar evaluasi; model dan pendekatan evaluasi; prosedur dan pengembangan alat evaluasi; analisis instrumen dan kualitas evaluasi; serta teknik pengolahan dan pemanfaatan hasil evaluasi dalam pembelajaran PAI. Berbagai aturan yang mendukung pelaksanaan evaluasi dalam kurikulum sekarang juga menjadi acuan penting dalam pembahasan mata kuliah ini, seperti yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No. 13 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua atas PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan, Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah, Permendikbud No. 04 Tahun 2018 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Pemerintah.

Melalui beberapa bahasan Evaluasi Pembelajaran PAI di atas, Mahasiswa calon Guru akan lebih siap dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PAI secara berkesinambungan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta bisa meningkatkan efektivitas pembelajarannya. Yang mana akan dihasilkan dalam bentuk kemampuan membuat instrument tes maupun non-tes dari materi PAI sebagai bagian yang tak terpisahkan dari prosedur evaluasi. Matakuliah ini bersifat interkonektif dan integratif dengan sejumlah matakuliah keahlian dan pendukung lain seperti Materi PAI, Pengembangan Kurikulum PAI, Telaah Kurikulum PAI, Perencanaan Pembelajaran PAI, Strategi Pembelajaran PAI, Statistik Pendidikan dan lainnya.


Self enrolment (Student)